Halaman

Rabu, 10 April 2013

INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER TERHADAP REMOTE TV DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI


Disusun oleh Anisa Febriandani (28111474)
                    Dwi Azmi Rahmatul Azhar (22111229) 



INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER TERHADAP REMOTE TV DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

PENDAHULUAN

Laporan ini menjelaskan tentang proses interaksi manusia dan komputer melalui remote control TV.  Televisi selalu dilengkapi oleh benda kecil yang sering kita sebut dengan Remote. Benda yang berbentuk persegi panjang yang dilengkapi dengan banyak tombol yang berguna untuk menganti channel TV apabila kita sudah bosan dengan channel yang sedang kita tonton.

Pada zaman dahulu, sebelum ditemukannya remote tv, orang-orang menggunakan jemari mereka untuk mengganti channel atau mengubah volume suara. Hal ini tentu merepotkan, karena apabila jarak tv dengan tempat kita duduk cukup jauh, akan membuat kita untuk berulangkali bangkit dan duduk setiap ingin mengubah channel atau volume tv. Untuk itulah diciptakan remote tv yang berguna untuk mempermudah pengguna untuk menonton tv tanpa harus bangkit untuk mengubah saluran.

Hasil Observasi kali ini menjelaskan bagaimana pengguna menggunakan remote tv untuk melakukan beberapa setting dan melakukan pencarian channel tv.

Kami menggunakan jenis televisi LED dengan nomor tipe televisi LD450 dan menggunakan remote tv tipe AKB72915207. Penggunaan remote tv ini termasuk mudah dikarenakan design nya yang sederhana namun pada design tombolnya mengalami masalah karena akan susah digunakan bagi orang yang mempunyai ukuran jari melebihi ukuran rata-rata.

Tujuan dari proses interaksi manusia dan komputer melalui remote control ini yaitu untuk mengetahui tingkat kesulitan pengguna dalam menggunakan remote tv dan kemudahan penggunaan remote tv dalam kehidupan sehari-hari.

METODE OBSERVASI

Observasi kali ini langsung diperankan oleh rekan saya yaitu Dwi Azmi, berumur 20 tahun dan sedang kuliah di Jurusan Sistem Komputer Universitas Gunadarma.

Metode yang kami gunakan :
  1. Mencatat langkah-langkah pengguna untuk mencari saluran yang tersedia
  2. Mengamati pengguna dan mencatat hasil dari pengamatan
  3. Menganalisa kemampuan pengguna, pergerakan fisik serta responnya terhadap remote tv.
  4. Menganalisa apakah device, layar, tombol dan aliran transaksi lainnya dapat memudahkan atau menyulitkan pengguna.
  5. Mempertimbangkan kenyamanan dari segi tampilan, pertimbangan sosial,  dan sebagainya yang sesuai dengan teori mata kuliah ini.

HASIL OBSERVASI

Langkah-langkah untuk mencari saluran televisi yang tersedia dan menyimpannya yaitu :




langkah pertama : cari tombol MENU di remote televisi dan kemudian pijit tombol tersebut
langkah kedua : liat di layar televisi dan terdapat pilihan, maka pilih saja PENGATURAN
langkah ketiga : langkah terakhir terdapat pilihan. di antara pilihan yang terdapat di layar pilih saja pencarian secara automatis untuk memudahkan dalam pencarian channel.

  • Dalam menggunakan remote tv pengguna merasa nyaman-nyaman saja dan tidak merasa kesulitan dalam mengatur ataupun mencari saluran televisi yang sudah tersedia.
  • Televisi yang digunakan oleh pengguna berukuran 30 inc dan berbentuk persegi panjang, sehingga tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar untuk pengguna.
  • Dalam segi remote tv yang digunakan oleh pengguna juga dapat digunakan oleh umum, tidak memandang batas  usia.
  • Dari segi tombol, menurut pengguna nyaman digunakan dan bisa memahami arti setiap simbolnya dengan mudah. Namun bagi pengguna yang memiliki jari relatif besar agak susah. Kesalahan ini terjadi karena Produsen tidak mempertimbangkan Ukuran jari para usernya.
  • Pengaturan pada televisi menurut pengguna juga mudah dipahami











 
  • Gambar diatas adalah pengaturan kontras dan pengaturan cahaya pada Televisi yang digunakan oleh pengguna.
  • Dari segi tampilan juga tidak mengalami masalah, namun bagi pengguna yg lanjut usia sebaiknya televisi diatur lagi dari segi kontras, kecerahan ataupun warnanya supaya menyesuaikan kepada mata user yang sudah lanjut usia.

ANALISA
  • Berdasarkan prinsip kegunaan (Usability Principle) bagian Product Compatibility, yang mengartikan bahwa produk aplikasi yang dihasilkan juga harus sesuai, memiliki tampilan yang sama/serupa baik untuk user yang awam maupun yang ahli. Ini sesuai dengan kebutuhan pengguna dari segi design televisi dan remotenya.
  • Kemudian User Compatibility, yang bisa berarti kesesuaian tampilan dengan tipikal dari user. karena berbeda user bisa jadi kebutuhan tampilannya berbeda. Dalam hal ini berkaitan dengan fungsi televisi bagi pengguna lanjut usia dengan orang muda yang dilihat dari tampilan televisi dalam hal pengaturan cahaya, kontras,dan sebagainya. Dimana bagi pengguna lanjut usia akan berpengaruh pada mata jika terlalu terang atau terlalu gelap sehingga tidak terlihat siaran apa yang sedang ditayangkan. Untuk itu sebaiknya diatur dulu di pengaturannya agar sesuai dengan mata pengguna.

KESIMPULAN
Dalam interaksi manusia dengan remote televisi ini bisa dilihat kalau remote tv ini mempunyai design yang sederhana dan nyaman digunakan. Dari segi tampilan televisi mengalami masalah hanya pada pengaturan cahaya, kontras dan sejenisnya yang akan berpengaruh pada penglihatan pengguna yang lanjut usia, solusi untuk itu adalah dengan mengurangi cahaya dan sejenisnya di pengaturan. Secara umum antara pengguna dengan televisi tidak mengalami masalah, hanya bagaimana pengguna mengatur tampilan televisi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar