Halaman

Selasa, 03 April 2012

Perpecahan

Disaat fitnah perpecahan melanda, rata-rata melupakan sebuah kalimat besar yang kian di pinggirkan. Disaat masyarakat berlomba lomba mengangkat kumpulan masing masing, mereka lupa merujukan khazanah agung rahasia sebuah perpaduan. yaitu rahasia perpaduan dan kekuatan memiliki agama ini sebagaimana yang di pahami oleh ahli sunah wal-jama'ah sejak generasi awal hingga kini. sehingga memungkinkan, sebagian besar masyarakat hari ini anti perpaduan perpecahan menjadi parah.


Bukankan allah subhanahu wa ta'ala telah berfirman "Dan berpeganglah kamu semua kepada tali allah, dan janganlah kamu bercerai berai. ingatlah akan nikmat yang telah allah berikan dahulu (dimasa jahiliyyah) kamu saling bermusuhan, makan allah telah menyatukan hati kamu, lalu menjadilah kamu karen nikmat Allah hanya untuk orang orang yang berusaha." (surah ali'imran, 3:103)

Ayat ini turun berkenaan dengan kaum aus dan khazraj, menyorot keadaan mereka di masa jahiliyyah yang sering berperang sesama kaum, bermusuhan, rasa dengki yang meluap-luap dan dendam yang tidak pernah surut sehingga mengakibatkan saling membunuh serta berbagai lagi bentuk pertempuran yang tidak ada berhentinya. maka allah pun mendatangkan islam lalu mereka menerimanya dan jadilah mereka golongan yang bersaudara, saling mencintai karena allah, saling menjalin persaudaraan, dan tolong menolong dalam kebaikan dan ketaqwaan.

Jadi yang dimaksud tali allah dalam ayat di atas adalah dengan berpegangan teguh kepada agama allah yang  di perintahakan-Nya  kepada kita supaya memelihara perpaduan, persaudaraan, dan kesepakatan di ata s kebenaran serta tunduk dengan seluruh perintah-Nya sebagaimana yang dia nyatakan dalam kitab-Nya. sekaligus larangan untuk bercerai berai dan keluar dari ketetapan ketetapan yang telah di tentukan oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar